Jumat, 17 Januari 2014

Interview Gagas Writer : Ello Aris

Hello #GagasAddict! \^O^/ 

Sudah baca SPASI? Kali ini kita bakal berbincang - bincang dengan penulisnya! Kak Ello Aris..



Kak Ello Aris adalah salah satu lulusan dari sekolah tinggi di Ambon. Sekarang Beliau bekerja di salah stasion radio di Ambon. Sehari- hari, kegiatannya siaran dan menulis.


Novel spasi itu novel pertama yang diterbitkan di gagasmedia, kan? Nah, cerita dong kakak gimana akhirnya kakak bisa nerbitin spasi di gagasmedia? :)

Yap, SPASI novel pertama saya yang terbit di gagasmedia. Novel ini kalau tidak salah saya kirim ke gagas tahun 2010 deh (kalo nggak salah ingat). Beberapa bulan dikabarin, katanya suruh diedit. Alasannya karena gak cocok bahasanya dgn segmen remaja. Trus setelah itu gak ada kabarnya nasib naskahnya.
Trus awal 2013 dikabarin bakal diterbit. Alhamdulillah senang. Untung aku kirimnya ke gagas doang.


Lama juga, ya kak.. Jadi setelah naskah ditolak kakak edit lagi terus kirim lagi, atau bagaimana, kak?

Gak tahu pake 'ditolak' atau nggak. Tapi dari pihak gagas gak pernah bilang kalau naskahku ditolak. Cuman tahun 2010 disuruh tuk diedit lagi.
Ya setelah aku edit, aku kirim lagi.


Terus spasi itu berapa lama, sih dibuatnya? Ada kesulitan gak saat buat spasi?

Waktu 2010, SPASI bikinnya cuman 2 bulan lebih sih. Kendalanya paling menyesuaikan setting aja. Dan karena waktu nulis, saya nggak pake outline, mskanya sering pusing sama plot-nya. Kadang plotnya loncat2.


Bagaimana sih pengalaman pertana menulis kakak? Apa dari kecil sudah suka buat novel, atau buat cerpen dulu kayak penulis biasanya?

Pertama suka nulis, waktu SMA kelas 2. Ketularan sama temen dekat. Dia bikin cerpen bagus banget. Dan pas jaman itu lagi booming teenlit/teenromance.

Trus aku bikin novel deh. Novelnya kelar kurang lebih setahun. Tapi.... ditolak penerbit. Trus ketika masuk kuliah, 2007, aku iseng2 bikin cerpen. Eh tapi dari sekian banyak cerpen yang saya bikin, cuman satu cerpen yang dimuat di tabloid nasional (kalo nggak salah Keren Beken). Trus serius lagi bikin novel sampe sekarang....
Wah panjang ya ceritanya.


Wahh.. Kakak gak menyerah, ya! Salut..
Oh ya, kan spasi masih baru tuhh, jadi banyak yang belum baca, Ceritanya tentang apa, sih? Dan judulnya kenapa spasi? Unik gitu.. :)

Makasih... saya emang gak pantang menyerah. (Pede sendiri, hehehehe).
SPASI bercerita tentang seorang cewek (Denta), yang diam-diam menyukai Malabi hanya karena cowok itu terlihat sedikit misterius. Dia menganggap sikap Malabi yang jarang ngomong/dingin itu adalah sesuatu yang cool/keren.
Tapi ketika kekagumannya terhadap Malabi tumbuh menjadi cinta, dia malah bingung. Sebab Malabi seperti memberikan jarak. Padahal mereka sudah berkomitmen.
Dalam kebingungan, dia malah semakin dilema, karena muncul dua orang cowok yang selalu menghadirkan sisi romantis yang dia inginkan, yaitu Taro (anak paling populer) dan Sarka (cinta pertamanya).
 Sebenarnya. Judul novel ini bukan SPASI sih. Judul awalnya Mint. Tapi kemudian diganti beberapa judul lain, banyak sekali. Tapi akhirnya editor saya, nyaranin SPASI. Dan akhirnya kepilih SPASI. Judul ini dipilih karena menggambarkan kisah Denta dan Malabi yang berhubungan tetapi jarang ketemu, mirip LDR. Trus karena mereka bekerja di dunia wartawan, jadi mereka familiar dengan kata spasi.


Oh jadi judul awalnya mint.. oh, ya cerita spasi sendiri murni fiktif atau ada campuran dari pengalaman hidup kakak sendiri, nih?

SPASI itu fiktif, gak ada pengalaman pribadi sih.


Kan banyak nih gagasaddict yang pengen kayak kakak, nah kakak punya tips atau saran untuk menulis gak, nih? :)

Untuk saran dalam menulis sih, yang penting banyak latihan (langsung nulis). Sebab menulis itu bagi saya bukan bakat, tapi ketrampilan. Bisa dilatih. Dan juga harus banyak baca.
Trus menulislah apa yang kalian bisa tulis. Jangan nulis sesuatu yang bahkan gak kalian kuasai.
Terakhir banyak berdoa, biar naskahnya tembus ke penerbit.


Setelah novel spasi, kakak ada project naskah baru lagi, gak? :) kalau ada ceritanya tentang apa?

Setelah SPASI, aku masih ada dua project. Yang satu sudah rampung, tapi masih kuedit-edit. Ngecek typo, dsb.
Yang satu lagi masih dalam proses nulis, masik 60%.
Untuk ceritanya, masih rahasia dulu. Hehehehe. Minta doanya aja biar segalanya dilancarin.


Okedeh, kak. Ditunggu banget novel baru-nya :)
Harapan kakak dengan novel spasi apa? :)

Harapannya, SPASI bisa menjadi salah satu pilihan bacaan penggemar novel. Trus mudah2an novel ini bisa laris manis di pasaran. Amin...
Dan tunggu aja ya novel berikutnya dari saya...


Sekian Interview bersama kak Ello Aris. Kami para #GagasAddict menunggu karya baru kakak.. Salam buat si ganteng Malabi! ;)


-Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar