Senin, 26 Mei 2014

Intervie Gagas Writer : Pia Devina


Haiii, semua. Kenalkan, aku Pia, penulis Love Lock. Aku seorang karyawan swasta yang jatuh cinta banget sama dunia penulisan.

1.    Sudah menulis dari kapan?
      Kalau nulis iseng-iseng, dari SMP sudah mulai nyoba nulis cerpen. Kalau nulis novel, baru mulai sekitar tahun 2004-an.

2.    Kapan mulai aktif menulis novel? Novel apa yang pertama kali diterbitkan?
      Sejak lulus SMA, udah jarang nulis. Cuma sekali-sekali aja nulisnya. Nah, tahun 2012, baru nyoba untuk lebih serius menulis dan mulai belajar teknik menulis itu seperti apa, hehehe.
      Novel yang pertama kali diterbitkan judulnya “Menjagamu” yang terbit pertengahan 2013 kemarin.

3.    Love Lock kan masih baru, ceritakan garis besar ceritanya dong :)
      Ceritanya tentang sepasang cewek dan cowok yang melakukan perjalanan ke Cologne, Jerman, dengan alasan yang berbeda. Tapi nyatanya, ada benang merah yang mempersatukan mereka dengan satu cerita yang terjadi di masa lalu—sebuah cerita yang justru membuat mereka berpikir kalau mereka nggak bisa bersama.

4.    Apa inspirasi dalam pembuatan Love Lock?
      Waktu itu lagi jam kerja di kantor, terus ngelamun dan kepikiran pengin nulis novel bersetting luar negeri. Eh, tiba-tiba muncul kata “Rhine” yang adalah salah satu nama sungai di Eropa. Rhine jadi inspirasi pembuatan nama karakter utamanya, Rhinea. Sungai Rhine juga jadi salah satu setting penting di novel ini J

5.    Bagaimana tokoh dan penokohan dalam Love Lock?
      Main characters-nya adalah Rhinea dan Mario. Dan pengikat cerita mereka, adalah kisah masa lalu dari Sania, Bima, dan Erika. Sania dan Bima adalah orangtuanya Rhinea, sedangkan Erika adalah ibu tirinya Mario. Jalinan cerita di masa lalu mereka bertiga lah yang memiliki efek besar terhadap perasaannya Rhinea terhadap Mario, juga sebaliknya.

6.    Bagaimana dengan riset nya? Apa Kak Pia pernah ke negara tersebut?
      Setting utama novel ini adalah di Kota Cologne, Jerman. Aku belum pernah ke sana, jadi riset dilakukan dengan mencari informasi melalui internet (artikel, video, web, dll) dan buku-buku referensi. Selain itu, aku juga nanya dan diskusi sama temen-temen yang stay di Cologne, Hamburg, juga beberapa tempat lain di Jerman.

7.    Settingnya kan di luar negeri, kenapa Love Lock tidak masuk STPC?
      Hehehe, kalau ini kebijakan dari redaksi GagasMedia J

8.    Adakah kendala dalam menulis Love Lock?
      So far sih aku happy nulisnya, hehehe. Paling harus make sure berkali-kali terkait setting-nya, apakah informasi yang aku ceritakan di novel ini udah akurat atau belum.           

9.    Berapa lama pembuatan Love Lock?
      3-4 bulanan untuk first draft-nya. Nah, revisi abis itu yang cukup memakan waktu.

10. Adakah penulis yang menjadi inspirasi kak Pia?
      Kalau inspirasi, banyak banget. Mereka adalah penulis yang novel-novelnya suka aku baca. Sophie Kinsella, Lisa Kleypas, Meg Cabot, Stephenie Meyer, J.K. Rowling, Nicholas Sparks. Kalau penulis lokal, aku suka sama tulisannya Mbak Ika Natassa, aliaZalea, Windry Ramadhina, Bang Christian Simamora, dan banyak lagi sih, hehehe.

11. Denger-denger, tembus GagasMedia itu salah satu impian kak Pia ya? Bagaimana perasaan kaka saat tau Love Lock akan diterbitkan?
      Impian bangeeet! Senengnya luar biasaaa, sampai susah diungkapkan dengan kata-kata, hahaha. Pas baca e-mail dari salah satu editor GagasMedia, Michan, kalau naskahku diterima, aku sampai ngejerit dan tanganku gemeteran saking kaget dan bahagianya! Pokoknya aku bersyukur banget, bisa dikasih kesempatan untuk punya tulisan yang terbit di GagasMedia 

12. Apa harapan kak Pia kedepannya?

      Semoga para pembaca bisa menikmati cerita di Love Lock ini, dan aku bisa terus mempersembahkan cerita-cerita lainnya kepada pembaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar