Minggu, 09 Februari 2014

Review : Lampau by, Sandi Firly


17732143 

Penulis : Sandi Firly
Penerbit : GagasMedia
Tahun Terbit : 2013
Halaman : 356

3 of 5 Stars

Ini novel karya penulis pertama yang kubaca dan aku cukup terkesan dengan kisahnya. Jika kamu mengharapkan kisah cinta yang romantis atau dramatis, kamu mungkin akan kecewa dengan kisah ini. Menurutku, Lampau lebih kepada kisah inspiratif sang tokoh utama. Sempat agak terkecoh dengan sinopsis backcover yang lebih kepada dilema sang tokoh utama antara cinta pertamanya atau cinta yang hadir setelah dia dewasa, yang ternyata hanya sebagai bumbu dalam perjalanan kisah sang tokoh bukan menggambarkan keseluruhan isi cerita.
                                                                  

Lampau menceritakan mengenai Sandayuhan, yang lebih sering dipanggil Ayuh, mengenai perjalanan hidupnya dari lahir hingga dia berhasil menjadi penulis. Mengambil setting di Loksado, Kalimantan menjadi warna sendiri dalam novel ini. Membaca catatan Ayuh tentang perjalanan hidupnya yang tidak mudah, menyadarkanku bahwa kita bisa menjadi apa saja yang kita inginkan jika kita mau berusaha.

Ayuh yang menentang takdirnya menjadi seorang Balian, seperti ibu dan kakeknya harus berjuang dari nol, mulai dari masuk ke pesantren demi menuntut ilmu lebih tinggi (padahal dia bukanlah pemeluk Islam), menjadi potter di pelabuhan hingga terdampar di ibukota menjadi seorang preman. Tidak berhenti disitu saja, ternyata hobbynya menulis catatan-catatan tentang kisahnya sehari-hari dan pertemuannya dengan orang-orang yang pada akhirnya sangat berperan dalam hidupnya, mengantarkannya ke dunia yang baru, dunia kepenulisan. Dan disanalah dia bertemu dengan cinta yang baru, walau kemudian cinta pertamanya hadir kembali menggoyahkan perasaannya. Akan seperti apa akhir kisah Ayuh?

Nah, walau aku agak sedikit kecewa dengan ending yang dipilih oleh penulis, tapi aku cukup terhibur dengan kisah Ayuh. Banyak pelajaran moral yang sangat berharga baik dari Ayuh maupun tokoh-tokoh lain yang hadir dalam kisah ini. Sangat menantikan kisah lain dari penulis ^^

Review by @RizkyMirgawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar